PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK SEKAT HITUNG (KOKATUNG) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS II SD DONOTIRTO KASIHAN BANTUL

Awalizah, Tanfilu (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK SEKAT HITUNG (KOKATUNG) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS II SD DONOTIRTO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tanfilu Awalizah_12105241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Alat Permainan Edukatif Kokatung mata pelajaran Matematika pokok bahasan operasi hitung yang layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas II Sekolah Dasar. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kokatung mata pelajaran Matematika ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall (Development and Research) yang dimodifikasi menjadi 9 tahap: 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan draf produk, 4) Uji coba produk awal, 5) Merevisi hasil uji coba, 6) Uji coba lapangan, 7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, 8) Uji pelaksanaan lapangan, 9) Penyempurnaan produk akhir. Subyek uji coba penelitian dari Alat Permainan Edukatif Kokatung adalah siswa kelas II SD Donotirto Kasihan Bantul. Media diuji cobakan kepada subyek uji coba sebanyak 3 tahap, tahap uji coba awal melibatkan 3 siswa, uji coba lapangan utama melibatkan 6 siswa, dan uji coba pelaksanaan melibatkan 21 siswa. Metode dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, ditinjau dari validasi materi mendapatkan mendapatkan perolehan skor 4,6 dengan kategori Sangat Baik dan dari ahli media mendapatkan perolehan skor 3,85 dengan kategori Baik. Sedangkan hasil penelitian ditinjau dari tahap uji coba, uji coba produk awal dinyatakan Layak sebanyak 79,1%, uji coba lapangan utama dinyatakan Layak sebanyak 95,8%, uji pelaksanaan lapangan, dinyatakan Layak sebanyak 98,8%. Alat Permainan Edukatif Kokatung dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Matematika, pokok bahasan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian untuk dijadikan penunjang dalam belajar siswa kelas II SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35083

Actions (login required)

View Item View Item