PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “KEBERAGAMAN INDONESIA” UNTUK SISWA KELAS III SD AL AMIN SINAR PUTIH BANTUL YOGYAKARTA

Tri Wibowo, Bagus (2016) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “KEBERAGAMAN INDONESIA” UNTUK SISWA KELAS III SD AL AMIN SINAR PUTIH BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAGUS TRI WIBOWO_11105241042.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul PKn materi Keberagaman Indonesia yang dapat memudahkan siswa kelas III belajar di SD Al Amin Sinar Putih, Bantul, Yogyakarta. Materi pokok Keberagaman Indonesia yang dimuat meliputi kekhasan bangsa indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan mengadopsi dan memodifikasi langkah pengembangan dari Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam pengembangan ini, yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) revisi produk akhir, 10) uji hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 2 dosen UNY sebagai validator ahli, 50 siswa sebagai subjek uji coba dan uji hasil belajar. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Perhitungan instrumen untuk para ahli menggunakan skala Likert, sedangkan instrumen untuk uji coba siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian modul PKn Keberagaman Indonesia dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,17 dengan kriteria baik, ahli media mendapatkan rerata skor 3,95 dengan kriteria baik, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase 88,89% dengan kriteria layak, uji coba lapangan mendapatkan presentase 97,23% dengan kriteria layak, uji pelaksanaan lapangan mendapatkan presentase 95,58% dengan kriteria layak, dan uji hasil belajar pretest mendapatkan rerata nilai 40,20, sedangkan hasil belajar postest menunjukkan rerata nilai 74,79, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan rerata nilai sebesar 34,59. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan modul PKn Keberagaman Indonesia dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Selain itu, adanya peningkatan hasil belajar setelah siswa menggunakan modul PKn Keberagaman Indonesia menunjukkan indikator keberhasilan modul PKn Keberagaman Indonesia dapat memudahkan siswa belajar dibandingkan hanya menggunakan penjelasan guru dan buku teks saja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35069

Actions (login required)

View Item View Item