Brahmadhanu, Boma (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS HOTSPOT INTERNET SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
BOMA BRAHMADHANU 07520244089.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS HOTSPOT INTERNET SEBAGAI SALAH SATU SUMBER BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GODEAN YOGYAKARTA Oleh: Boma Brahmadhanu NIM. 07520244089 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta ditinjau dari segi siswa, (2) mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta ditinjau dari segi guru, (3) mengetahui seberapa besar aksesibilitas fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta ditinjau dari segi siswa, (4) mengetahui seberapa besar aksesibilitas fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta ditinjau dari segi guru, (5) mengetahui seberapa besar hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam menggunakan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta, (6) mengetahui seberapa besar hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa dan guru SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta sebanyak 538 orang. Cara penentuan sampel untuk populasi siswa adalah dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sedangkan guru dengan teknik simple random sampling. Ukuran sampel penelitian sebanyak 223 siswa dan 37 guru ditentukan dengan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik desktiptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) efektivitas penggunaan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa ditinjau dari segi siswa termasuk kategori rendah (49,78%); dan dari segi guru termasuk kategori kurang (51,35%), (2) aksesibilitas fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa ditinjau dari segi siswa termasuk kategori tinggi (59,19%); dan dari segi guru termasuk kategori sangat tinggi (40,54%), (3) hambatan penggunaan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa ditinjau dari segi siswa termasuk kategori tinggi (57,40%), dan dari segi guru termasuk kategori tinggi (45,95%). Kata kunci: efektivitas, aksesibilitas, hambatan, hotspot internet, dan sumber belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 02:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34354 |
Actions (login required)
View Item |