Deni Kurniyanto, Deni Kurniyanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I, II, III.pdf Download (301kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Wonosari bertujuan memberi gambaran kepada mahasiswa bagaimana cara menyampaikan materi kepada peserta didik dengan metode dan model pembelajaran yang sesuai. Sehingga diharapkan lulusan UNY kelak dapat menjadi tenaga kependidikan yang profesional,unggul serta mampu menjadi pendidik bagi calon penerus bangsa. Untuk program PPL, pembagian kelas sebagai tempat praktek mengajar disesuaikan dengan kelas ampuan guru pembimbing masing-masing. Masing-masing mahasiswa mengampu kelas VII,VIII, dan kelas IX. Kegiatan PPL UNY 2015 di SMP Negeri 4 Wonosari dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus sampai 11 September 2015. Pelaksanaan PPL di SMP N 4 Wonosari secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pembelajaran di kelas, dan analisis hasil pembelajaran. Tahap persiapan meliputi penetapan tujuan pembelajaran dan teknis pengajaran yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), satuan pembelajaran dan silabus, yang di dalamnya sudah termasuk pemilihan metode dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan tahap pembelajaran di kelas adalah aplikasi dari perencanaan pengajaran yang telah dibuat. Praktikan melakukan kegiatan mengajar terbimbing yaitu mengajar dengan pengawasan dari guru mata pelajaran yang bersangkutan. Tahapan selanjutnya adalah analisis hasil pembelajaran yang dilakukan melalui proses evaluasi siswa baik dalam bentuk tugas maupun ulangan harian sebagai parameter untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar siswa. selain tiga tahapan tersebut, praktikan juga dituntut unntuk melaksanakan pembelajaran administratif guru. Program PPL yang direncanakan dalam matriks PPL dapat berjalan dengan lancar, mahasiswa mampu belajar dan menerapkan ilmu dalam mengajar di kelas. Seluruh program yang direncanakan dapat dilaksanakan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, program, mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 02:49 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34081 |
Actions (login required)
View Item |