IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016

Dwi Utari, Dewi (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_DEWI DWI UTARI_12803241033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan melalui Implementasi Model Pembelajaran Firing Line pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Wates yang berjumlah 21 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari sebelum tindakan (pre test) ke setelah tindakan (post test) pada setiap siklusnya dan apabila 85% dari jumlah seluruh siswa dapat mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Firing Line dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi keuangan siswa. Keberhasilan tindakan tersebut dibuktikan pada siklus I nilai rata-rata sebelum tindakan (pre test) siswa sebesar 51,70 meningkat menjadi 72,79 setelah tindakan (post test) sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebelum tindakan (pre test) sebesar 52,38 meningkat menjadi 83,23 setelah tindakan (post test). Pada siklus I belum ada siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan (pre test) dan meningkat menjadi 10 siswa atau 47,62% setelah tindakan (post test) sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan (pre test) yaitu 2 siswa atau 9,52% meningkat menjadi 18 siswa atau 85,71% setelah tindakan (post test).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Firing Line, Prestasi Belajar, Akuntansi Keuangan.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 01 Jun 2016 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 09:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33586

Actions (login required)

View Item View Item