PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NGABANGKABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT

Gatot, Gatot (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NGABANGKABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NASKAH_SKRIPSI_08520249001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NGABANGKABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT Oleh: Gatot NIM 08520249001 ABSTRAK Penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui sejauh mana kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional guru mata pelajaran TIK berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan persepsi siswa, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru mata pelajaran TIK terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ngabang KabupatenLandak Kalimantan barat. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ngabang sebanyak 320 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 120 orang di tentukan dengan rumus Krejcie dan Morgan, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). kompetensi pedagogik guru sebagian besar termasuk kategori cukup yaitu sebanyak 65 orang (54,2%), Kompetensi kepribadian guru sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 85 orang (70,8%), Komptensi sosial guru sebagian besar termasuk dalam kategori cukup yaitu sebanyak 53,3%. Selanjutnya, kompetensi profesional guru sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 82 orang (68,3%); (2). motivasi belajar pada mata pelajaran TIK didukung oleh kompetensi guru, meskipun hanya kompetensi kepribadian dan profesional saja yang terbukti secara mempengaruhi motivasi belajar yaitu sebesar (70,8% dan 63,3%). Kata Kunci: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran TIK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 09:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item View Item