PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI SALAMAN 1

Wulandari, Dyah Ratna (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI SALAMAN 1. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dyah Ratna Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Salaman 1. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Salaman 1 berjumlah 60 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan populatif sampling. Objek penelitian yaitu 30 siswa kelas VA dan 30 siswa kelas VB. Instrumen penelitian berupa angket sikap ilmiah dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Salaman 1. Hal ini dibuktikan dari hasil post-test sikap ilmiah siswa di kelas eksperimen sebesar 52,97 atau 66,2% (kategori baik) lebih tinggi dari hasil pre-test sikap ilmiah siswa kelas eksperimen sebesar 40,33 atau 50,41% (kategori cukup). Sedangkan hasil post-test sikap ilmiah siswa di kelas kontrol sebesar 40,32 atau 50,4% (kategori cukup) hampir sama dengan dari hasil pre-test sikap ilmiah siswa kelas kontrol sebesar 40,33 atau 50,41% (kategori cukup). Hasil observasi sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen sebesar 43,2 atau 63,52% (kategori baik) lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 22 atau 32,35% (kategori cukup) dengan selisih sebesar 11,2 atau 31,17%. Kata kunci: sikap ilmiah siswa, model pembelajaran berbasis masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 May 2016 07:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33441

Actions (login required)

View Item View Item