Peningkatan Daya Ingat dan Penurunan Stres Sebelum Menghadapi Ujian dengan Metode Mendengarkan Musik Gending Jawa pada Siswa Sekolah Dasar Bakalan Kecamatan Sewon, Yogyakarta

Trisunu, Fajar Nugroho (2016) Peningkatan Daya Ingat dan Penurunan Stres Sebelum Menghadapi Ujian dengan Metode Mendengarkan Musik Gending Jawa pada Siswa Sekolah Dasar Bakalan Kecamatan Sewon, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fajar-nugroho-trisunu-13712259002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh mendengarkan musik Gending Jawa terhadap: (1) penurunan stres sebelum menghadapi ujian, dan (2) peningkatan daya ingat pada siswa Sekolah Dasar Bakalan Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengam metode uji eksperimen semu pretes-postes kelompok non-ekuivalen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Bakalan Yogyakarta. Populasi yang ada seluruhnya dijadikan sebagai subjek penelitian, yaitu meliputi kelas IVa dan kelas IVb yang masing-masing terdiri dari 22 orang siswa. Kelas IVa menjadi kelompok eksperimen dan Kelas IVb menjadi kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dan metode skala.Tes digunakan untuk mengukur daya ingat peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. Tes kemampuan mengingat digunakan untuk mengklasifikasikan daya ingat individu. Tes daya ingat dibagi dalam dua tahap yaitu tes rekognisi dan tes pemanggilan. Metode skala digunakan untuk mengukur tingkat stres sebelum menghadapi ujian, baik sebelum perlakuan maupun sesudah perlakuan. Dimensi yang diteliti dalam stres sebelum menghadapi ujian meliputi psikologis, fisiologis dan perilaku. Analisis data menggunakan analisis Anacova dan Paired Sample t-test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik Gending Jawa berpengaruh positif terhadap peningkatan daya ingat dan penurunan stres sebelum menghadapi ujian pada anak sekolah dasar. Siswa yang mendengarkan musik Gending Jawa sebelum pembelajaran mengalami peningkatan daya ingat dan mendengarkan musik Gending Jawa sebelum pembelajaran dapat menurunkan stres sebelum menghadapi ujian pada siswa sekolah dasar Bakalan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: daya ingat, stres sebelum ujian, Gending Jawa
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2016 03:46
Last Modified: 09 May 2019 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33337

Actions (login required)

View Item View Item