Andari, Ilania Eka and Wutsqa, Dhoriva Urwatul (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
D Pustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Yogyakarta yang terdiri dari 192 siswa. Dari enam kelas yang ada, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X Ak 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori, dan kelas X Ak 2 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation dengan pendekatan Realistic Mathematics Education maupun keefektifan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan disposisi matematis, data dianalisis dengan analisis one sample t-test. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan awal maupun kemampuan setelah perlakuan antara kedua model pembelajaran tersebut ditinjau dari ketiga variabel terikat, data dianalisis dengan MANOVA. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Realistic Mathematics Education efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan disposisi matematis siswa (2) Model pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari disposisi matematis siswa, tetapi tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa (3) Model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis, tetapi tidak lebih efektif ditinjau dari disposisi matematis siswa Kata Kunci : model pembelajaran Group Investigation, pendekatan Realistic Mathematics Education, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, disposisi matematis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 07:17 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33333 |
Actions (login required)
View Item |