PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI TEKNIK ANIMASI 2D DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Prasna, Mukti Nugrahajati (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI TEKNIK ANIMASI 2D DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian TAS (Prasna).pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI TEKNIK ANIMASI 2D DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA Oleh : Prasna Mukti Nugrahajati NIM.12520244029 ABSTRAK Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan sebuah produk aplikasi berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk materi pelajaran teknik animasi 2D pada jurusan multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, (2) menguji kualitas atau kelayakan produk yang dibuat, (3) menguji tingkat kesesuain produk untuk diterapkan di lapangan beserta hasil belajar siswa setelah menggunakan produknya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development menerapkan model Borg dan Gall, dengan prosedurnya yaitu Research and Information Collection, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Disemination and Implementation. Pembuatan dan pengembangan produk media pembelajaran yang berjenis aplikasi perangkat lunak dilakukan bertahap sesuai prosedur pada model pengembangan tersebut. Proses penelitian dimulai dari melakukan survey untuk mendapatkan data awal, perencanaan rancangan produk, analisis kebutuhan dan pembuatan prototype produk, evaluasi terbatas, pengembangan produk, pengujian dan penilaian produk, revisi produk, hingga penyelesaian pengembangan produk akhir beserta pelaporan dan pendistribusian produk aplikasi multimedia pembelajaran interaktif yang dibuat untuk SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah produk pengembangan yang sudah final berupa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif pada materi teknik animasi 2D secara menarik, layak, mudah dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran baik bagi siswa maupun guru di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Produk tersebut mendapat penilaian yang baik dan layak, dengan rincian dari aspek media mendapat predikat “Sangat Baik”, dan dari segi materi mendapat predikat “Baik”. Tingkat kesesuaian produk untuk digunakan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara pada jurusan multimedia mendapatkan predikat “Sangat Tinggi” berdasarkan hasil tanggapan pengguna, sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk dalam proses pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata siswa sudah bisa dikatakan “Kompeten”. Dari hasil penelitian ini, produk yang telah dibuat sudah bisa diimplementasikan sebagai media pembelajaran yang layak untuk SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Teknik Animasi 2D, Media Pembelajaran, Research and Development.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2016 09:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33263

Actions (login required)

View Item View Item