PENGARUH METODE MENGAJAR BEREGU TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGENAL ALAT JAHIT PADA SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Anindita, Dyaning Pratiwi (2016) PENGARUH METODE MENGAJAR BEREGU TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGENAL ALAT JAHIT PADA SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
anindita DP-10513241035.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE MENGAJAR BEREGU TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGENAL ALAT JAHIT PADA SISWA KELAS X SMK KARYA RINI YOGYAKARTA Oleh: Anindita Dyaning Pratiwi NIM 10513241035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pencapaian kompetensi mengenal alat jahit sebelum menggunakan metode mengajar beregu pada siswa kelas X SMK Karya Rini, 2) pencapaian kompetensi mengenal alat jahit sesudah menggunakan metode mengajar beregu pada siswa kelas X SMK Karya Rini, 3) membuktikan adanya pengaruh penggunaan metode mengajar beregu pada pencapaian kompetensi mengenal alat jahit siswa kelas X SMK Karya Rini. Penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian sebanyak 22 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel yaitu 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Validitas konstruk melalui uji coba empiris di SMK N 2 Piri dan validitas isi melalui pertimbangan para ahli (judgement expert) dengan hasil layak untuk digunakan. Reabilitas instrumen diperoleh dengan realibilitas antar-rater instrumen dikonsultasikan kepada ahli (judgement expert) dihitung menggunakan kappa dengan hasil 0,750 dan rumus Alfa Cronbach diperoleh hasil sebesar 0,977 maka dinyatakan reliabel. Persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas rumus Kolmogorov Sminov dengan nilai sebesar 0,376 sebelum menggunakan metode mengajar beregu dan 0,584 setelah menggunakan metode mengajar beregu. Uji homogenitas menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,970. Uji hipotesis menggunakan uji t (test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian kompetensi mengenal alat jahit siswa sebelum menggunakan metode mengajar beregu di kelas X SMK Karya Rini dari 22 siswa yaitu sebanyak 22 siswa (100%) belum mencapai KKM dengan nilai tertinggi 58, nilai terendah 40, dan nilai rata-rata 51,09, 2) pencapaian kompetensi mengenal alat jahit siswa sesudah menggunakan metode mengajar beregu di kelas X SMK Karya Rini yaitu sebanyak 22 siswa (100%) telah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 86, nilai terendah 76, dan nilai rata-rata 80,18, 3) berdasarkan hasil pengujian sebelum dan sesudah menggunakan metode mengajar beregu terdapat perbedaan kompetensi belajar siswa, dengan uji t diperoleh nilai thitung 22,249 > ttabel 2,074 dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05. Perbedaan pencapaian kompetensi sebelum dan sesudah perlakuan adalah 29,09 atau 56,93%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mengajar beregu terhadap kompetensi mengenal alat jahit siswa pada kelas X SMK Karya Rini. Kata kunci: kompetensi belajar, mengenal alat jahit, metode mengajar beregu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 May 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 09:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item