Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Kategori SSN dan RSBI/SBI di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Widyawati, Endang (2012) Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Kategori SSN dan RSBI/SBI di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endang-widyawati-09703254006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) pelaksanaan kepemimpinan transformasional (KT); 2) pelaksanaan aspek idealized influence (II); 3) pelaksanaan aspek inspirational motivation (IM); 4) pelaksanaan aspek intellectual stimulations (IS); 5) pelaksanaan aspek individualized consideration (IC); 6) signifikansi karakteristik sekolah terhadap pelaksanaan KT; 7) signifikansi jenis kelamin, usia, masa kerja, dan bidang studi yang diajarkan terhadap persepsi guru atas pelaksanaan KT oleh kepala sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan di 21 SD di Provinsi DI Yogyakarta, yang meliputi 15 SD kategori SSN yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 204 guru dan enam SD kategori RSBI/SBI dengan jumlah responden 124. Data diambil dengan menggunakan angket yang dikembangkan dari Multifactor Leadership Questionnaire – 3rd Edition (Bass & Avolio, 2004). Wawancara digunakan sebagai pendukung dan cross check. Analisis data deskriptif digunakan untuk melihat pelaksanaan KT dan keempat aspeknya. Analisis data statistik dengan uji t antarkelompok dan analisis variansi satu jalur digunakan untuk menganalisis pelaksanaan KT berdasarkan karakteristik sekolah dan karakteristik guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan KT kepala SD kategori SSN 86,86% dan RSBI/SBI 85,03%, kategori baik; 2) pelaksanaan aspek II kepala SD kategori SSN 86,21% dan RSBI/SBI 83,83%, kategori baik; 3) pelaksanaan aspek IM kepala SD kategori SSN 87,62% dan RSBI/SBI 85,93%, kategori baik; 4) pelaksanaan aspek IS kepala SD kategori SSN 86,65% dan RSBI/SBI 85,85%, kategori baik; 5) pelaksanaan aspek IC kepala SD kategori SSN 86,97% dan RSBI/SBI 84,48%, kategori baik; (6) tidak ada perbedaan signifikan pelaksanaan KT kepala SD di Provinsi DI Yogyakarta ditinjau dari karakteristik sekolah (lokasi dan status sekolah); (7) tidak ada perbedaan signifikan persepsi guru berdasarkan jenis kelamin, usia, masa kerja, dan bidang studi yang diajarkan yang terhadap pelaksanaan KT kepala SD di Provinsi DI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, kepala sekolah, persepsi guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32819

Actions (login required)

View Item View Item