PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Amzar, Yulianto (2016) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Amzar Yulianto 10503244010.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Amzar Yulianto NIM. 10503244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh: (1) Keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatkan soft skills siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2014/2015; (2) Keaktifan siswa berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2014/2015; (3) Peningkatan soft skills terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Jumlah sampel adalah 56 siswa yang terdiri dari kelas XI TPA berjumlah 27 siswa dan kelas XI TPB berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Metode angket untuk mengumpulkan data keaktifan siswa berorganisasi dan peningkatan soft skills, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan siswa berorganisasi terhadap peningkatkan soft skills siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan harga rxy1 sebesar 0,493, r2 xy1 sebesar 0,243, harga thitung sebesar 4,166 lebih besar dari ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5% dan persamaan regresi sederhana yakni Y1 = 0,881 X+ 67,433; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan siswa berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan harga rxy2 sebesar 0,307, r2 xy2 sebesar 0,094, harga thitung sebesar 2,367 lebih besar dari ttabel 2,003 pada taraf signifikansi 5%, dan persamaan regresi sederhana yakni Y2 = 0,158 X + 70,823; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan peningkatan soft skills terhadap prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan harga ry1y2 sebesar 0,267, r2 y1y2 sebesar 0,071, harga thitung sebesar 2,037 lebih besar dari ttabel sebesar 2,003 pada taraf signifikansi 5%, dan persamaan regresi sederhana yakni Y1 = 0,077 Y2 + 70,102. Kata kunci: Keaktifan Siswa Berorganisasi, Soft Skills, Prestasi Belajar, SMK Muhammadiyah Prambanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 May 2016 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32704

Actions (login required)

View Item View Item