HAMBATAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK SE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Siswi, Dwi Ayuriyanti (2016) HAMBATAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK SE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
SISWI DWI AYURIYANTI_11520241021.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

HAMBATAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK SE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh: Siswi Dwi Ayuriyanti NIM. 11520241021 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami guru Kompetensi Keahlian Multimedia dalam: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian, (4) mengetahui tingkat hambatan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian dilaksanakan di 6 (enam) SMK yaitu SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 1 Pengasih, SMK N 1 Bantul, SMK N 1 Wonosari, SMK N 2 Wonosari, dan SMK Muhammadiyah Prambanan. Subjek penelitian adalah guru Kompetensi Keahlian yang berjumlah 36 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket atau kuesioner. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah baik dengan persentase 79% sehingga hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru sudah baik dengan persentase 74% sehingga hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah, dan penilaian pembelajaran yang dibuat guru sudah baik dengan persentase 75% sehingga hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah; (2) Ada beberapa hambatan yang dialami guru dalam perencanaan pembelajaran yaitu 8% dikarenakan waktu/jam pelajaran produktif tidak dibuat sistem blok, 11% dikarenakan waktu untuk membuat RPP bagi guru sangat kurang, 17% disebabkan guru masih susah menentukan metode dan media, 31% disebabkan kurangnya sumber buku, dan 33% guru tidak mengalami hambatan; (3) Ada beberapa hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu 11% dikarenakan guru jarang memberikan pre-test, 11% dikarenakan guru jarang memberikan post-test, 17% disebabkan peserta didik yang kurang aktif, 28% disebabkan guru kurang memaksimalkan media, dan 33% guru tidak mengalami hambatan; (4) Ada beberapa hambatan yang dialami guru dalam penilaian pembelajaran yaitu 11% guru dikarenakan guru jarang memberikan penilaian saat diskusi, 11% dikarenakan guru mengalami kesusahan dalam membuat penilaian keterampilan, 17% disebabkan guru masih kesusahan dalam membuat penilaian sikap, 19% disebabkan banyaknya penilaian yang harus dibuat oleh guru, dan 42% guru tidak mengalami hambatan. Kata kunci : (1) hambatan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan,(4) penilaian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 May 2016 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32603

Actions (login required)

View Item View Item