Siswi, Dwi Ayuriyanti (2016) HAMBATAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK SE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
SISWI DWI AYURIYANTI_11520241021.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
HAMBATAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK SE DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh: Siswi Dwi Ayuriyanti NIM. 11520241021 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami guru Kompetensi Keahlian Multimedia dalam: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian, (4) mengetahui tingkat hambatan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian dilaksanakan di 6 (enam) SMK yaitu SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 1 Pengasih, SMK N 1 Bantul, SMK N 1 Wonosari, SMK N 2 Wonosari, dan SMK Muhammadiyah Prambanan. Subjek penelitian adalah guru Kompetensi Keahlian yang berjumlah 36 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket atau kuesioner. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah baik dengan persentase 79% sehingga hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru sudah baik dengan persentase 74% sehingga hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah, dan penilaian pembelajaran yang dibuat guru sudah baik dengan persentase 75% sehingga hambatan yang dialami guru dikategorikan rendah; (2) Ada beberapa hambatan yang dialami guru dalam perencanaan pembelajaran yaitu 8% dikarenakan waktu/jam pelajaran produktif tidak dibuat sistem blok, 11% dikarenakan waktu untuk membuat RPP bagi guru sangat kurang, 17% disebabkan guru masih susah menentukan metode dan media, 31% disebabkan kurangnya sumber buku, dan 33% guru tidak mengalami hambatan; (3) Ada beberapa hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu 11% dikarenakan guru jarang memberikan pre-test, 11% dikarenakan guru jarang memberikan post-test, 17% disebabkan peserta didik yang kurang aktif, 28% disebabkan guru kurang memaksimalkan media, dan 33% guru tidak mengalami hambatan; (4) Ada beberapa hambatan yang dialami guru dalam penilaian pembelajaran yaitu 11% guru dikarenakan guru jarang memberikan penilaian saat diskusi, 11% dikarenakan guru mengalami kesusahan dalam membuat penilaian keterampilan, 17% disebabkan guru masih kesusahan dalam membuat penilaian sikap, 19% disebabkan banyaknya penilaian yang harus dibuat oleh guru, dan 42% guru tidak mengalami hambatan. Kata kunci : (1) hambatan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan,(4) penilaian
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32603 |
Actions (login required)
View Item |