PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR KIMIA DALAM BENTUK PERANGKAT LUNAK KOMPUTER UNTUK SISWA SMU KELAS X SEMESTER 2 SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI.

Wahyu, Pamungkas (2010) PENGEMBANGAN PAKET BELAJAR KIMIA DALAM BENTUK PERANGKAT LUNAK KOMPUTER UNTUK SISWA SMU KELAS X SEMESTER 2 SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN_PAKET_BELAJAR_KIMIA_DALAM_BENTUK_PERANGKAT.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian pengembangan model yang bertujuan untuk mengembangkan model sumber belajar kimia yang berupa paket belajar kimia berbentuk perangkat lunak komputer. Penelitian dilakukan meliputi tiga tahap utama, yaitu tahap perencanaan, tahap penyusunan paket belajar kimia berbentuk perangkat lunak menggunakan Macromedia Flash MX 7.0 dan dilanjutkan tahap uji kualitas paket belajar yang telah disusun. Materi pelajaran yang disusun menjadi paket belajar adalah materi SW kelas X semester 2 untuk bidang kompetensi Alkana, Alkena, dan Alkuna. Uji kualitas paket belajar yang telah disusun menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner penelitian paket belajar yang terdiri dari 23 indikator penilaian yang terbagi dalam enam aspek yaitu aspek Kebenaran Konsep, Kebahasaan, Keluasan dan Kedalaman Konsep, Pendekatan, Keterlaksanaan, serta Tampilan. Penilaian dilakukan terhadap enam komponen paket belajar meliputi komponen Petunjuk Guru, Kegiatan Siswa, Latihan Siswa, Kunci Latihan Siswa, Evaluasi Siswa, dan Kunci Evaluasi Siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh skor Petunjuk Guru 36,2 yang termasuk dalam range skor >36 dengan nilai akhir SB (sangat baik); skor materi Alkana, Alkena dan Alkuna masing-masing sebesar 142,4, 143,4, dan 144,0 yang termasuk dalam range skor 123,33 s.d. 148,00 dengan nilai akhir B (baik); skor Evaluasi Siswa sebesar 52,4 yang termasuk dalam range skor 46,67 s.d. 56,00 dengan nilai akhir B (baik); skor Kunci Evaluasi Siswa sebesar 23,8 yang termasuk dalam range skor 20 s.d. 24 dengan nilai akhir B (baik). Skor total paket belajar yang telah disusun adalah 542,2, yang termasuk dalam range skor 466,67 s.d. 560,00 yang berarti mendapatkan nilai akhir B(baik). Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa paket belajar yang telah disusun menggunakan Macromedia Flash MX layak untuk dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMU.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item