TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 1 SAMIGALUH DI DAERAH DATARAN TINGGI DAN SISWA KELAS V SDN PUNUKAN DI DAERAH DATARAN RENDAH DI KABUPATEN KULON PROGO

Lukman Nul’aual Jamil (2015) TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 1 SAMIGALUH DI DAERAH DATARAN TINGGI DAN SISWA KELAS V SDN PUNUKAN DI DAERAH DATARAN RENDAH DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Lukman Nul’aual Jamil.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas gerak siswa dalam proses pembelajaran penjas sehingga berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V SD N 1 Samigaluh yang berada di daerah dataran tinggi dengan siswa kelas V SD N Punukan yan berada di daerah dataran rendah. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Subjek penelitian adalah siswa yang berada di daerah dataran tinggi sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 12 putra dan 8 siswa putri dan siswa yang berada di daerah dataran rendah sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 11 putra dan 7 siswa putri. Pengambilan data menggunakan instrument TKJI Tahun 1999 (Depdiknas) untuk usia 10-12 Tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V SD N 1 Samigaluh yang berada di daerah dataran tinggi secara rinci, sebanyak (0%) ‘‘baik sekali’’, (20%) ‘‘baik’’, (70%) ‘‘sedang’’, (10%) ‘‘kurang’’, (0%) ‘‘kurang sekali’’. Freukensi terbanyak terletak pada kategori ‘‘sedang’’ dengan demikian maka tingkat kebugaran jasmani siswa SD N 1 Samigaluh sebagian besar berkategori ‘‘sedang’’. Sedangkan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V SD N Punukan yang berada di daerah dataran rendah secara rinci, sebanyak (0%) ‘‘baik sekali’’, (5,55%) ‘‘baik’’, (38,89%) ‘‘sedang’’, (38,89%) ‘‘kurang’’, (16,67%) ‘‘kurang sekali’’. Freukensi terbanyak terletak pada kategori ‘‘sedang’’ dan ‘‘kurang’’ dengan demikian maka tingkat kebugaran jasmani siswa SD N Punukan sebagian besar berkategori ‘‘sedang’’.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kebugaran jasmani, dataran tinggi, dataran rendah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31932

Actions (login required)

View Item View Item