PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

NUR ISNAINI, ANNISA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
_12803241024_Annisa Nur Isnaini_SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi perusahaan dagang pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Akuntansi standar kompetensi memproses entry jurnal khusus untuk siswa kelas X Ak 2 SMK Negeri 4 Klaten tahun ajaran 2015/2016; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi; serta mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran setelah menggunakan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dinilai kelayakannya oleh 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media dan 8 orang siswa uji coba kelompok kecil. Pengukuran Motivasi Belajar siswa dilakukan terhadap 36 siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 4 Klaten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, pada tahap ini Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi ditetapkan sebagai media pembelajaran dalam standar kompetensi entri jurnal khusus 2) Design, pada tahap ini peneliti merancang Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi di atas kertas 3) Development or Production, pada tahap ini peneliti merancang Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dengan menggunakan Corel Draw X5 4) Implementation, pada tahap ini siswa terlihat antusias dalam pembelajaran menggunakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi 5) Evaluation, pada tahap ini diketahui bahwa Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas X Ak 2 SMK Negeri 4 Klaten sebesar 0,22. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,8 dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,29 dalam kategori Sangat Layak, dan 3) Siswa uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 4,22 dalam kategori Sangat Layak, sehingga Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan gain score menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas X Ak 2 SMK Negeri 4 Klaten sebesar 0,22. Peningkatan tersebut masuk dalam kategori rendah karena nilai gain <0,3. Artinya, meskipun ada peningkatan Motivasi Belajar, tetapi secara signifikansi dari peningkatannya tidak terlalu banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Monopoli Akuntansi, Motivasi Belajar, SMK, Jurnal Khusus, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 07:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31671

Actions (login required)

View Item View Item