PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJO

Pram, Satyo Aji (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pram Satyo Aji_Skripsi-08520244070.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 POKOK BAHASAN INTERNET PADA MATA PELAJARAN TIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 6 PURWOREJO Oleh: Pram Satyo Aji NIM. 08520244070 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap prestasi belajar serta mendapatkan bukti-bukti bahwa penggunaan media pembelajaran bentuk Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA pada mata pelajaran TIK di SMA N 6 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran Macromedia Flash 8. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata nilai pretest dari kelompok eksperimen dan kontrol didapat bahwa tidak ada pengaruh /perbedaan hasil sebelum pembelajaran/perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 hasilnya jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 yang dapat ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6,168 > 2,000. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest yang dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata posttest yaitu 74,62 < 84,8 yang berarti terjadi peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Jadi hasil uji hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : Macromedia Flash 8, teknologi informasi dan komunikasi, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 21 Apr 2016 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31547

Actions (login required)

View Item View Item