PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MENGGUNAKAN METODE GROUP RESUME PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V di SD N JARANAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Aulia Sugesti, Dwiken (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MENGGUNAKAN METODE GROUP RESUME PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V di SD N JARANAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwiken_12105244042.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode group resume pada kelas V di SD N Jaranan tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dilakukan karena sulitnya peserta didik untuk saling berinteraksi dengan teman kolega. Sehingga suasana di dalam kelas belum ada unsur saling memberikan interaksi yang memacu peserta didik dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik berdasarkan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N Jaranan yang berjumlah 26 anak yang terdiri dari 10 siswa dan 16 siswi. Objek dari penelitian merupakan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerjasama dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I peserta didik belum maksimal dalam melaksanakan metode yang telah diterapkan peneliti. Pada siklus I peneliti mendapati kemampuan kerjasama sebesar 35,4% menjadi 52,5%. Peningkatan ini berada pada kategori “sanga tkurang”. Selanjutnya pada siklus II peneliti memperoleh rata-rata hasil kerjasama 80,5% dan 90,2% adanya peningkatan dari kategori “baik” menjadi “sangat baik”. Pada mata pelajaran PKn peneliti telah berhasil mengembangkan 4 aspek kerjasama berupa tanggung jawab perseorangan, interaksi promotif, saling ketergantungan positif, komunikasi antar anggota dan pemrosesan kelompok. Pembelajaran menggunakan metode group resume baik digunakan untuk perbaikan kemampuan kerjasama karena berpusat pada peserta didik agar dapat berkomunikasi dengan baik, menjaga hubungan antara teman, memberikan motivasi dengan teman, bertindak secara adil, dan saling menghargai pendapat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item