PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENYIAPKAN KONSEP DASAR PAJAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 TEMPEL

Wafiq Thoriqi, Muhammad (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENYIAPKAN KONSEP DASAR PAJAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MUHAMMAD WAFIQ THORIQI_12803241012.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Flash untuk siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel dengan kompetensi menyiapkan konsep dasar pajak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa, serta mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Siswa setelah penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif dinilai kelayakannya oleh satu dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan satu guru akuntansi, dan 31 siswa (uji coba lapangan). Pengukuran Motivasi Belajar dilakukan terhadap 28 siswa kelas XI Akuntansi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif melewati lima tahap yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Tingkat kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash sebagai media pembelajaran akuntansi berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,68 yang termasuk kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,65 yang termasuk kategori Layak, 3) Guru diperoleh rata-rata skor 4,62 yang termasuk kategori Sangat Layak, 4) Siswa diperoleh rata-rata skor 4,36 yang termasuk kategori Sangat Layak. Dengan demikian Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar Siswa sebelum dan sesudah penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif, diperoleh peningkatan sebesar 4,77% dari 64,17% menjadi 68,95%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -4.973 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dapat meningkatkan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Motivasi belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Apr 2016 00:41
Last Modified: 30 Jan 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31391

Actions (login required)

View Item View Item