PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Fatmawati, Nastiti Linda (2016) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nastiti Linda Fatmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh positive reinforcement terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh positive reinforcement terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain ex-postfacto. Sampel dalam penelitian sebanyak 235 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala psikologi jenis skala sikap untuk mengukur variabel positive reinforcement dan motivasi belajar IPS. Uji coba skala sikap positive reinforcement diperoleh 33 item pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,906 sedangkan untuk variabel motivasi belajar IPS diperoleh 27 item pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,897. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive reinforcement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, dengan diperoleh hasil korelasi thitung sebesar 5,301, ttabel sebesar 1,980 pada taraf signifikansi 5%, nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 dan R2 sebesar 10,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa positive reinforcement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo sebesar 10,8%. Kata kunci: positive reinforcement dan motivasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 06:43
Last Modified: 30 Jan 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31223

Actions (login required)

View Item View Item