PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 4 GUNUNGKIDUL

Putra, Anggara Wisnu (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 4 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anggara Wisnu Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SDN Wonosari 4. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V SDN Wonosari 4 sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SDN Wonosari 4 yang berjumlah 19 siswa dengan objek penelitian keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, dan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian keterampilan berbicara. Pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Wonosari 4. Proses peningkatan keterampilan berbicara ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mampu menerapkan langkah-langkah role playing dengan baik dan aktivitas siswa yang semakin tertib mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan hasil proses pembelajaran keterampilan berbicara dilihat dari peningkatan hasil tes keterampilan berbicara siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 58,21 dengan persentase ketuntasan 10,52%, (2) rata-rata nilai evaluasi keterampilan berbicara siklus I sebesar 71,42 dengan persentase ketuntasan 42,10%, (3) rata-rata nilai evaluasi keterampilan berbicara siklus II sebesar 78,36 dengan persentase ketuntasan 89,47%. Pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode role playing pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai >80% sehingga proses pembelajaran menggunakan metode role playing dinyatakan berhasil. Kata kunci: keterampilan berbicara, role playing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31191

Actions (login required)

View Item View Item