PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGJATI KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

Priyono, Sabar (2016) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGJATI KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sabar Priyono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Karangjati Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan pembelajaran kontekstual dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Karangjati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Karangjati tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Kelas IV A berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen tes dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Karangjati. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t yaitu nilai t sebesar 2,665 dan sig 0,010. Nilai sig menyatakan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post test antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal tersebut juga ditunjukkan dari rata-rata hasil post-test yaitu kelompok kontrol sebesar 73,22 dan kelompok eksperimen sebesar 80,66 Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31179

Actions (login required)

View Item View Item