PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 3 SMA N I SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Laksmi Suhita, Anindita (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 3 SMA N I SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANINDITA LS_PEND.AKUNTANSI_2012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis film dokumenter bagi siswa SMA kelas XII IPS dengan materi perusahaan dagang; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran akuntansi berbasis film dokumenter berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran akuntansi; serta (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa sesudah menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran akuntansi. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran akuntansi, angket motivasi belajar akuntansi awal dan angket motivasi belajar akuntansi akhir. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media dan ahli materi, sedangkan untuk data kuantitatif berupa data penilaian media dan analisis peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa. Analisis skor menjadi nilai menggunakan skala empat. Peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa dengan menggunakan gain score. Hasil penelitian menunjukkan lima langkah ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Penilaian oleh ahli materi dari aspek materi memperoleh skor sebesar 2,7 yang termasuk dalam kategori baik, dan aspek pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,6 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media menilai media dari aspek tampilan memperoleh skor sebesar 3,8 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan aspek pemrograman memperoleh skor sebesar 3,4 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan guru mata pelajaran akuntansi SMA menilai media dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,7 yang termasuk dalam kategori sangat baik, aspek pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,0 yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek media memperoleh skor sebesar 3,7 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Pada pengujian gain score memperoleh skor sebesar 0,44 dengan kategori sedang sehingga kesimpulannya adalah Film Dokumenter dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Film Dokumenter, Motivasi Belajar Akuntansi Siswa
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31162

Actions (login required)

View Item View Item