PENINGKATAN KEAKTIFAN DALAM KBM DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIS MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2010/2011

Nurul, Inayah (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DALAM KBM DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIS MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurul Inayah - 07520241033.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN DALAM KBM DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIS MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh Nurul Inayah NIM. 07520241033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif teknis Make a Match dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas XI KJ B SMK Negeri 1 Sedayu pada mata diklat Kompetensi Kejuruan Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan. (2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif teknis Make a Match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI KJ B SMK Negeri 1 Sedayu pada mata diklat Kompetensi Kejuruan Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan. Dua pertanyaan penelitian diajukan dan berhubungan dengan kedua tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah kelas XI TKJ B pada semester ganjil SMK Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, tes hasil belajar, teknis dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan analisis tes hasil belajar. Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam pembelajaran kompetensi kejuruan mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan pada tingkat keaktifan siswa sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa yang memiliki tingkat keaktifan antara 16 – 21 dari total indikator keaktifan yang diamati. Sedangkan untuk tingkat prestasi kriteria keberhasilan yang digunakan nilai seluruh siswa mencapai KKM (75). Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran teknis Make a Match, keaktifan dan prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan dapat dilihat dari aspek memberikan ide/pendapat, menerima pendapat, menanggapi pendapat, melaksanakan tugas, keikutsertaan dalam kelompok, dan keikutsertaan dalam presentasi hasil belajar dari siklus I sampai siklus III secara total mengalami peningkatan. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pre-test sampai siklus I meningkat yaitu dari 48,28 menjadi 79,56. Pada siklus II meningkat menjadi 86.18, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 91,59. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif teknis mencari pasangan (Make a Match), keaktifan, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Apr 2016 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item