LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Nurul Ayuningtyas Islamiyati, Nurul Ayuningtyas Islamiyati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURUL AYUNINGTYAS I.-12304241034-PENDIDIKAN BIOLOGI-FMIPA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. PPL yang dilaksanakan selama kurang lebih 5 minggu, yaitu sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yangn diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 1 Piyungan. Praktik mengajar dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar minimal 6 kali pertemuan. Pada tanggal 10 Agustus 2015, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tahap pertama yang dilakukan adalah mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing mengenai teknis pelaksanaan proses belajar mengajar dan pembagian waktu mengajar. Kemudian, mahasiswa secara efektif melaksanakan proses belajar mengajar di kelas dengan didampingi guru pembimbing. Pada kesempatan ini, mahasiswa berkesempatan mengajar siswa kelas XB dan XI IPA 2 dan mendampingi kegiatan belajar mengajar siswa kelas XA, XI IPA 1, dan XI IPA 3. Mahasiswa melaksanakan pengajaran Biologi selama lima minggu, dengan jumlah jam sebanyak 13 kali pertemuan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Sebagai rumusan kegiatan pembelajaran, mahasiswa membuat RPP, bahan ajar, lembar penilaian dan media pembelajaran. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat kendala pada awalnya. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran berupa PPL. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 Piyungan berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Apr 2016 05:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31097

Actions (login required)

View Item View Item