UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Dwi Atmanto, Rakhmawan (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI V GRABAG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Rakhmawan Dwi A_09105244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag Magelang menggunakan media flashcard. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag serta guru masih sering menggunakan (LKA) Lembar Kerja Anak, papan tulis, dan spidol sebagai pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Pertiwi V Grabag. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 25,23% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,43%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 41,17%, pada Siklus I sebesar 66,4%, dan pada Siklus II sebesar 81,83%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) Guru menyusun media flash card kemudian dipegang setinggi dada dan menghadap ke anak,(2) Anak memperhatikan guru yang membacakan satu per satu flash card tersebut secara cepat dalam waktu 1-5 detik, (3) Anak diajak membacakan flashcard secara bersama-sama, (4) Anak diajak bertepuk semangat, supaya anak tetap semangat, (5) Kemudian anak diberikan tugas membacakan flashcard secara bergantian, menunjukkan media flash card yang mempunyai huruf awal yang sama seperti yang ditunjukkan guru, anak diberikan reward pujian dari guru, supaya anak tidak jenuh, memasangkan atau menempelkan antara gambar dengan tulisan, membuat coretan dibawah gambar, dan anak diberikan reward penilaian dari guru yaitu memberikan gambar bintang pada tangan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 18 Apr 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30753

Actions (login required)

View Item View Item