Andriyanto, Andriyanto (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA GAME TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Andriyanto_10105244012.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia game terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VI SD Negeri Percobaan 2 yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dengan variabel terikat kecerdasan emosional siswa, serta variabel bebas multimedia game. Desain penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa kelas VI SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. 19 siswa kelas VIA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VI-B sebagai kelas kontrol. Objek penelitian berupa kecerdasan emosional siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia game memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji-t gain score, kedua kelompok, diperoleh thitung yaitu 5,599 lebih besar dari ttabel (2,093) dan memperoleh nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 18 Apr 2016 07:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30750 |
Actions (login required)
View Item |