PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI SIMULASI DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Neutrina, Nilamsari (2016) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI SIMULASI DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Neutrina Nilamsari 10520244024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI SIMULASI DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Oleh : Neutrina Nilamsari 10520244024 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan suatu aplikasi simulasi dan pembahasan Ujian Nasional untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dapat dijadikan sarana alternatif siswa dalam mempersiapkan Ujian Nasional, (2) mengetahui kualitas perangkat lunak terhadap standar ISO 9126 dari aspek functionality, portability, efficiency, maintainability, reliability, dan usability. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Tahapan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model waterfall yang terdiri dari : (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) implementasi (code), dan (4) pengujian. Aplikasi dikembangkan dengan framework Yii. Pengujian kualitas functionality dilakukan dengan observasi pada aplikasi oleh dua pengguna ahli. Kualitas portability sisi admin diuji pada web browser yang berbeda sedangkan pada sisi user diuji pada sistem operasi dan resolusi layar Android yang berbeda. Pengujian efficiency dilakukan dengan menggunakan Mobitest dan GTmetrix. Maintainability diuji dengan menghitung nilai maintainability index. Reliability diuji dengan menggunakan software WAPT 8.1. Pengujian usability menggunakan metode kuesioner dengan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian aspek kualitas diketahui: (1) aspek functionality dinyatakan lolos karena setiap fungsi dapat berjalan dengan baik, (2) hasil pengujian aspek portability aplikasi dapat dioperasikan pada sistem atau lingkungan yang berbeda (lolos), (3) pada aspek efficiency memperoleh rata-rata response time sebesar 3,5 detik dengan Mobitest dan 3,3 detik dengan GTmetrix (Rating Good), (4) hasil aspek reliability menunjukkan tingkat kesuksesan 100% (Memenuhi), (5) hasil maintainability index sebesar 88 (Tinggi), (6) hasil rata-rata nilai SUS sebesar 73 (Acceptable). Kata kunci : aplikasi UN, Kualitas Perangkat Lunak, ISO 9126

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 06 Apr 2016 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30690

Actions (login required)

View Item View Item