IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK MEMBUBUT DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA

Ragil, Kumoyo Mulyono (2016) IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK MEMBUBUT DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RAGIL 13503247008.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK MEMBUBUT DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA Ragil Kumoyo Mulyono 13503247008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengetahuan siswa kelas X tentang K3 pada praktik membubut di SMK Negeri 1 Sedayu; (2) Mengetahui sikap siswa kelas X dalam implementasi praktik membubut di SMK Negeri 1 Sedayu; (3) Mengetahui sudah diterapkankah aspek – aspek K3 dalam praktik membubut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi 31 siswa ,yang merupakan siswa kelas X teknik Pemesinan SMK Negeri Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan mengacu pada penelitian deskriptif minimal 30 responden sehingga dari semua populasi yang berjumlah 31 diambil semua sebagai sampel. Variabel penelitian adalah variabel mandiri yaitu Implementasi K3 Pada Praktik Membubut, dengan sub variabel Pengetahuan dan Sikap. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket tes tertulis berjumlah 25 item dan menggunakan lembar observasi atau chek list berjumlah 8 item . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pengetahuan siswa mengenai K3 pada praktik membubut termasuk dalam kategori baik; (2) Sikap siswa dalam implementasi K3 pada praktik membubut termasuk dalam kategori sangat baik; (3) Aspek – aspek K3 sudah diterapkan oleh siswa dengan baik. Kata Kunci : Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) dan Praktik Membubut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Apr 2016 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item