Riawati, Yuni (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS IVB SD N 2 SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.
Text
Yuni Riawati.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IVB SD Negeri 2 Sumberagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental. Sedangkan rancangan yang dipilih dalam desain pre-experimental adalah one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 2 Sumberagung. Jumlah siswa yaitu 23 siswa, yang terdiri dari 13 siswa putra dan 10 siswa putri. Penelitian ini dilakukan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika. Sedangkan analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar pada pretest dan posttest pada taraf signifikansi 5 %. Peningkatan proses belajar materi jaring-jaring kubus dan balok dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat dilihat dari adanya peningkatan pada hasil observasi aktivitas siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama persentasenya mencapai 91,30% dan pada pertemuan kedua persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 93,47%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pretest, dan nilai rata-rata posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 43,48 meningkat menjadi 86,95 pada nilai rata-rata posttest. Jadi nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 43,47. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 17,81 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,71 . Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IVB SD Negeri 2 Sumberagung. Kata Kunci: pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), hasil belajar matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 00:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30625 |
Actions (login required)
View Item |