PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV A MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA

Aliya, Noorina Silmi (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV A MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Noorina Silmi Aliya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV A SD Negeri Demangan Yogyakarta menggunakan metode permainan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas IV A SD Negeri Demangan. Objek penelitian adalah proses dan prestasi belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV A SD Negeri Demangan Yogyakarta setelah menggunakan metode permainan. Proses ditinjau dari langkah metode permainan, sedangkan prestasi ditinjau dari ketuntasan belajar. Langkah metode permainan yaitu (1) Menjelaskan petunjuk permainan; (2) Menyepakati aturan permainan secara bersama; (3) Membagi siswa sesuai permainan (individu atau kelompok); (4) Melaporkan hasil permainan; (5) Memberikan penjelasan lanjut terkait pelajaran (baik yang dipelajari maupun yang lalu); dan (6) Memberikan rewards. Ketuntasan belajar pra tindakan 19,4%, siklus I pertemuan pertama menggunakan permainan puzzle 80.6%, pertemuan kedua menggunakan permainan picture and picture 64.5%, siklus II pertemuan pertama menggunakan permainan mencari pasangan 83.9%, dan meningkat pada pertemuan kedua menggunakan permainan kemiskinan 87.1% Kata kunci: prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, metode permainan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30600

Actions (login required)

View Item View Item