HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS IXA SMP N 2 PENGASIH

Cyntia Tesarani, Tesa (2016) HUBUNGAN KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS IXA SMP N 2 PENGASIH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_CYNTHIA TESARANI_11209241001.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas, kecerdasan emosional dan prestasi belajar seni tari kelas IX SMP N 2 Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP N 2 Pengasih. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 2 Pengasih berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan nilai rapor. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) variabel kreativitas tidak memiiliki hubungan signifikan terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih, persamaan regresi y=77,323+0,128X1 menunjukan terdapat hubungan positif kreativitas terhadap prestasi belajar namun nilai r hitung < r tabel (n=26,α=5%), 0,315<0,388 (2) variabel kecerdasan emosional memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih, persamaan regresi y=74,982+0,142X2 menunjukan kecerdasan emoional memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar dengan nilai r hitung > r tabel (n=26,α=5%), 0,403>0,388 (3) variabel kreativitas dan kecerdasan emosional bersama-sama tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih. Uji regresi ganda menunjukkan F-hitung 2,569<F-tabel 3,44 dengan persamaan regresi ganda y=73,664=0,66X1+0,115X2 menunjukan keduanya memiliki hubungan positif terhadap prestasi belajar. Kontribusi kreativitas dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar seni tari kelas IX di SMP N 2 Pengasih sebesar 18,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar seni tari,kreativitas, kecerdasan emosional
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 31 Mar 2016 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item