KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP ALI MAKSUM, BANTUL

Nur Wahidah, gustiyah (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP ALI MAKSUM, BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skrips JADIi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis kembali dongeng antara kelompok siswa yang menggunakan strategi story writing map (skema menulis cerita) dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan strategi story writing map (skema menulis cerita), dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi story writing map (skema menulis cerita) dalam pembelajaran menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Ali Maksum. Desain penelitian ini menggunakan pretest-postest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi story writing map (skema menulis cerita) dan variabel terikat, yaitu keterampilan menulis kembali dongeng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas, kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen. Teknik penyampelan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis kembali dongeng. Instrumen yang digunakan adalah tes esai menulis kembali dongeng. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS seri 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Ali Maksum menggunakan strategi story writing map dengan penguasaan keterampilan menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Ali Maksum tanpa menggunakan strategi story writing map, hasil tersebut ditunjukan dengan hasil perhitungan uji-t berupa sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th = 1,831> tt = 1,682) pada taraf signifikansi 5% (0.05) dan df 42. Strategi story writing map (skema menulis cerita) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kembali dongeng. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t untuk sampel berhubungan yang menunjukan skor thitung (th) sebesar 10,695 dengan df 19 . Skor thitung t ersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan df 19. Skor ttabel (tt) pada taraf signifikasni 5% dan db 19 adalah 1,729. Hal itu menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th = 10,695> tt = 1,729). Kata kunci: keefektifan, strategi story writing map (skema menulis cerita),

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30432

Actions (login required)

View Item View Item