Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Full Day School Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta

Sutarmin, Seniati (2013) Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Full Day School Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-seniati-sutarmin-07703261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengungkapkan cara menanamkan nilai-nilai dasar humanis religius bagi anak usia dini keluarga perkotaan di TK IT Full Day School Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui konsep dasar yang melandasi penanaman nilai-nilai dasar humanis religius di TK tersebut, (2) mengetahui metode dan media yang telah digunakan untuk menanamkan nilai-nilai dasar humanis religius, (3) mengetahui kepedulian orang tua terhadap pelaksanaan program pendidikan nilai-nilai humanis religius, (4) mengetahui keselarasan pemaknaan lembaga TK dan orang tua terhadap penanaman nilai-nilai dasar humanis religius, (5) mengetahui perubahan perilaku peserta didik di sekolah dan di rumah setelah mendapatkan penanaman nilai-nilai dasar humanis religius di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif naturalistik, dengan memandang realitas sebagai kesatuan sosial yang dinamis, apa adanya atau natural. Subjek penelitian adalah para aktor lapangan, terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan, orang tua, pengurus yayasan, dan pejabat yang terkait. Objek penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai dasar humanis religius pada anak usia dini. Sampel (sumber data) diperoleh secara purposive dan snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan partisipatif, wawancara mendalam (in-depth interview), dan memanfaatkan dokomen; sedangkan keabsahan data dicapai dengan triangulasi. Analisis data yang digunakan bersifat induktif, proses analisis data dilakukan sejak studi pendahuluan, saat pengumpulan data di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Analisis data setelah selesai di lapangan menggunakan analisis pengkodean berbuka, berporos, dan selektif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) Konsep dasar yang melandasi penanaman nilai-nilai dasar humanis religius di TK IT Full Day School Mu’adz Bin Jabal Yogyakarta adalah mewujudkan generasi berakhlak mulia yang kuat iman dan keilmuannya: konsep dasar ini berfokus pada Aqidah Islamiah. (2) Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai dasar humanis religius adalah: BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), taushiyah, pemberian nasihat pekanan, pembiasaan, dan keteladanan, serta medianya adalah orang, barang, situasi sosial, dan permainan interaktif nonelektronik. (3) Kepedulian dan partisipasi orang tua secara perorangan (memberi materi nasihat pekanan), memantau, dan mengevaluasi pelaksanaannya, melalui Pokja-Pokja POMG, mendukung, dan ikut mencari solusi saat terjadi hambatan penanaman nilai-nilai dasar humanis religius. (4) Ada keselarasan pemaknaan antara orang tua dan sekolah tentang nilai-nilai dasar humanis religius. (5) Terjadi perubahan perilaku anak lebih baik di sekolah dan di rumah, setelah mendapatkan penanaman nilai-nilai dasar humanis religius di sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: humanis religius, anak usia dini
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2016 08:33
Last Modified: 04 Nov 2021 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30372

Actions (login required)

View Item View Item