Manajemen Team Teaching Pada Mata Pelajaran Kejuruan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Gombong dan SMK Negeri 1 Puring

Retnoningsih, Esti (2014) Manajemen Team Teaching Pada Mata Pelajaran Kejuruan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Gombong dan SMK Negeri 1 Puring. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-esti-retnoningsih-12703254001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) informasi empirik pelaksanaan Team Teaching, dan implementasi manajemen Team Teaching, (2) proses evaluasi pelaksanaan Team Teaching yang ada di SMKN 1 Gombong dan SMKN 1 Puring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Gombong dan SMK N 1 Puring pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Responden penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Teknik Kendaraan Ringan, serta Siswa dari Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Gombong dan SMKN 1 Puring. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara , dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program keahlian Teknik Kendaraan di SMK N 1 Gombong melaksanakan pembelajaran team teaching dengan membagi masing-masing mata pelajaran kejuruan diampu oleh dua orang guru yang menjadi satu tim mengajar dengan tanggung jawab yang sama dan mengajar secara bersama; sedangkan di SMKN 1 Puring penerapan pembelajaran team teaching belum sepenuhnya melaksanakan prinsip pembelajaran bertim, (2) implementasi manajemen team teaching di SMK N 1 Gombong sudah berjalan cukup baik; sementara itu implementasi manajemen team teaching di SMKN 1 Puring masih memerlukan beberapa perbaikan pada masing-masing unsur manajemen. (3) team teaching di SMKN 1 Gombong secara umum telah berjalan baik dengan terpenuhinya prinsip pembelajaran bertim dan prinsip manajemen meskipun proses evaluasi pembelajaran belum dapat berjalan maksimal; team teaching di SMKN 1 Puring secara umum membutuhkan perbaikan sehingga dapat memenuhi prinsip pembelajaran bertim dan manajemen yang baik dan dibutuhkan sebuah proses evaluasi yang baik sebagai salah satu acuan pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: team teaching, manajemen, program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, SMK, Pelajaran Kejuruan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2016 09:23
Last Modified: 29 Jan 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item