PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MORAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMP

Diah Ayu Pebrianti, Kumalasari (2016) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MORAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB II.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD IPA berbasis inkuiri terbimbing yang mengintegrasikan nilai-nilai moral yang layak untuk mengembangkan keterampilan proses dan keterampilan sosial peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design (perancangan) dilakukan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan produk awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD IPA, lembar keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing, lembar observasi keterampilan proses, lembar observasi keterampilan sosial, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan. Tahap develop (pengembangan) meliputi tahap peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian ahli (validasi oleh dosen ahli dan guru IPA), dan uji coba produk. LKPD IPA yang telah divalidasi kemudian digunakan untuk uji coba produk di kelas VIII D SMP N 2 Tempel dengan jumlah 24 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa uraian komentar dan saran dari validator sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan perhitungan persentase penguasaan keterampilan proses dan keterampilan sosial serta analisis skor respon peserta didik terhadap LKPD IPA yang dikembangkan. Pada tahap disseminate (penyebaran) hanya dilakukan secara terbatas, mengingat ranah penelitian R & D sangat luas. Hasil penelitian ini adalah LKPD IPA berbasis inkuiri terbimbing yang mengintegrasikan nilai-nilai moral dinyatakan layak dengan skor 69,3 oleh validator dengan kategori sangat baik (A). LKPD IPA yang dikembangkan mendapat respon dari peserta didik dengan nilai sebesar 102,7 yang termasuk dalam kategori sangat baik (A). Selain itu, LKPD IPA yang dikembangkan berpotensi untuk mengembangkan keterampilan proses dan keterampilan sosial peserta didik SMP. Kata kunci: LKPD, IPA, inkuiri terbimbing, nilai-nilai moral, keterampilan proses, keterampilan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 11 Mar 2016 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30237

Actions (login required)

View Item View Item