ANALISIS USABILITY WEBSITE UNIVERSITAS DI INDONESIA DENGAN METODE PEMBOBOTAN ENTROPI SERTA METODE PERANKINGAN TOPSIS DAN KAITANNYA DENGAN PERINGKAT RILIS WEBOMETRICS

MOKHAMAD, MIFTAKHURROHMAN (2016) ANALISIS USABILITY WEBSITE UNIVERSITAS DI INDONESIA DENGAN METODE PEMBOBOTAN ENTROPI SERTA METODE PERANKINGAN TOPSIS DAN KAITANNYA DENGAN PERINGKAT RILIS WEBOMETRICS. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mokhamad Miftakhurrohman 07520241029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ANALISIS USABILITY WEBSITE UNIVERSITAS DI INDONESIA DENGAN METODE PEMBOBOTAN ENTROPI SERTA METODE PERANKINGAN TOPSIS DAN KAITANNYA DENGAN PERINGKAT RILIS WEBOMETRICS Oleh: MOKHAMAD MIFTAKHURROHMAN NIM. 07520241029 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan peringkat 5 website perguruan tinggi di Indonesia rilis Webometrics dengan hasil peringkat yang dihitung dengan dasar pembobotan Entropi serta metode perankingan Topsis. Pengambilan data dalam pelitian ini menggunakan instrumen online yang sering digunakan untuk pengambilan data di Internet. Obyek penelitian ini adalah lima website perguruan tinggi di Indonesia yang telah dipilih oleh penulis. Pengumpulan data dilakukan sebanyak 15 kali dengan jangka waktu 1 bulan, kemudian data di rata-rata untuk selanjutnya diolah dengan metode Entropi untuk mendapatkan bobot yang digunakan dan metode Topsis untuk mengetahui peringkat yang didapatkan. Hasil perankingan dengan kedua metode tersebut kemudian dibandingkan dengan rilis Webometrics Januari 2014 menggunakan uji Spearman sebagai uji kelayakan hipotesis. Dari penelitian didapatkan hasil: berdasarkan uji spearmen diketahui bahwa hasil perbandingan peringkat website akademik lima perguruan tinggi di Indonesia yang dihitung berdasarkan nilai usability menggunakan metode Topsis mempunyai nilai yang signifikan sama dengan peringkat berdasarkan rilis Webometrics, hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan didapatkan nilai ρ = 1 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari nilai ρ tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Mar 2016 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item View Item