PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004

Jamil, Suprihatiningrum (2010) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERDASARKAN KURIKULUM 2004. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BUKU_PETUNJUK_PRAKTIKUM_KIMIA_SMA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembahgkan buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas XI semester I berdasarkan Kurikulum 2004 yang dapat dipakai sebagai acuan guru dalarn pembelajaran pralctikum di laboratorium sekaligus dapat dipakai siswa sebagai tambahan sumber belajar serta untulc mengetahui kualit<t:; buku petunjuk praktikum kimia berdaszirkan Kurikulum 2004 menurut penilaian guru kimia SMA/MA. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penilaian buku petunjuk praktikum kimia berupa angket yang berisi aspek clan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru kimia SMA/MA baik negeri maupun swasta di Kabupaten Temanggung. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 29 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untul: menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia. Produk penclitian ini benipa buku petunjuk praktikum kimia untuk siswa SMA/MA kelas XI semseter 1 berdasarkan Kuril;ulum 2004. Buku petunjuk praktikum kimia tersebut terdiri dari 4 Bab, yaitu Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Gaya antar Molekul; Termokimia; Laju Reaksi, serta Kesetimbangan Kimia. Komponen _b aku petunjuk praktikum kimia yang dikembangkan terdiri dari judul, kompetensi, petunjuk umum praktikum, gambar macam-macam alat laboratorium, dasar-dasar kese(amatan kerja di laboratorium, label/simbol bahaya, serta mata praktikum yang terdiri atas judul mata praktikum, dasar teori, alat dan bahan, prosedur kerja, t;ibe( pengamatan, dan latih diri. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian guru kimia SMA/MA dengan skor 128,325 dan persen keidealan sebesar 88,5°io, sehingga layak digunakan sebagai acuan dalam berpraktikum clan sebagai sumber belajar penunjang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2998

Actions (login required)

View Item View Item