PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA

Arifin, . (2015) PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Flash Media)
SKRIPSI 11406244004.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Krisis karakter yang terjadi di tengah masyarakat, terutama di dunia pendidikan ditandai dengan melemahnya karakter baik pada peserta didik merupakan permasalahan yang serius. Terkait hal itu pengembangan karakter peserta didik wajib diterapkan di setiap sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penciptaan budaya sekolah berbasis karakter di SMA Negeri 1 Purbalingga; (2) upaya guru dalam melaksanakan pengembangan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Purbalingga; (3) kendala yang dihadapi dalam pengembangan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Sumber data penelitian ini, yaitu kepala sekolah, enam orang guru, dan empat peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan teori. Teknik analisis data yang digunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) budaya sekolah berbasis karakter diciptakan melalui pembiasaan, seperti pembiasaan shalat dhuhur berjamaah; pembiasaan sikap jujur melalui kantin kejujuran; penerapan disiplin dan pembiasaan yang tertuang pada arah dan tujuan sekolah yang menjadi bagian dari budaya sekolah, yaitu senyum, sapa, salam, salaman. Penciptaan budaya sekolah selanjutnya dengan program kegiatan pengembangan diri salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penciptaan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif dengan didukung fasilitas dan peran-serta dari orang tua, serta kepala sekolah yang mengatur kebijakan; (2) guru mengembangkan karakter melalui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran melalui metode atau model pembelajaran yang beragam, seperti penggunaan metode sosiodarama, pembelajaran kontekstual, dan diskusi. Selain itu guru memberikan motivasi, serta menunjukkan kepribadian yang menjadi teladan dengan tingkah laku yang sopan dan berpakaian rapi; (3) sekolah juga mempunyai kendala dalam pengembangan karakter, seperti misalnya kesadaran diri peserta didik yang berbeda karena dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal (keluarga dan lingkungan); pembinaan guru yang belum maksimal karena masih terdapat guru yang datang terlambat; dan sistem evaluasi tingkat keberhasilan karakter peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan Karakter, Peserta didik, SMA Negeri 1 Purbalingga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 19 Feb 2016 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29902

Actions (login required)

View Item View Item