IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PERMAINAN HANGAROO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI KELAS X AK 3 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

EKOSARI SULISTYANINGSIH, RETNO (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PERMAINAN HANGAROO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI KELAS X AK 3 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI RETNO E.S 09403241020.PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Hangaroo pada siswa kelas X AK 3 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AK 3 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Hangaroo dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi pada siswa kelas X AK 3 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 35,52% dari sebelum implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Hangaroo sebesar 39,29% meningkat menjadi 74,81% pada siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 20,19% atau diperoleh skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi pada siklus II sebesar 95%. Indikator Aktivitas Belajar Akuntansi khususnya siswa terlibat baik secara fisik, mental, emosional maupun intelektual dalam setiap proses pembelajaran mengalami peningkatan dari 87,5% menjadi 95,54%, siswa terlibat dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan dari 71,15% menjadi 91,07%, siswa berusaha memecahkan masalah yang diajukan atau yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 74,04% menjadi 94,64%, siswa berinteraksi dengan siswa lain maupun dengan guru mengalami peningkatan dari 70,19% menjadi 93,75, serta siswa mampu menyusun laporan hasil diskusi baik secara tertulis maupun lisan berkenaan dengan hasil belajar yang diperolehnya mengalami peningkatan dari 71,15% menjadi 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Permainan Hangaroo dan Aktivitas Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 19 Feb 2016 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item