Analisis Perilaku Pengguna E-Learning BESMART Melalui Teknik Clustering dengan Algoritma K-Means

Miswaningsih, Neni and Insani, Nur (2015) Analisis Perilaku Pengguna E-Learning BESMART Melalui Teknik Clustering dengan Algoritma K-Means. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
T-10.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang analisis perilaku pengguna e-elearning BESMART UNY khususnya oleh mahasiswa dengan teknik clustering menggunakan algoritma K-Means. Tujuan dari penelitian diharapkan dengan menggali data dari riwayat log pengguna BESMART, diperoleh informasi yang menarik dan bermanfaat bagi kemajuan BESMART dan hasil akademik mahasiswa. Hasil yang diperoleh yaitu mata kuliah yang paling banyak diakses oleh pengguna BESMART adalah mata kuliah dari Fakultas Teknik, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika yaitu Media Digital, sedangkan aktivitas atau modul yang paling banyak dilakukan adalah course. Pada umumnya jumlah pengguna yang mengakses BESMART didalam jam perkuliahan lebih banyak daripada diluar perkuliahan, kecuali pada hari libur dimana jumlah waktu akses relatif sama. Untuk mempersiapkan Ujian Tengah Semester, mahasiswa mempunyai kesadaran mengakses BESMART lebih rutin untuk mempersiapkan dan menghadapi ujian mereka. Kata kunci:, data mining, algoritma K-Means, teknik clustering

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator
Date Deposited: 15 Feb 2016 08:32
Last Modified: 14 Oct 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29768

Actions (login required)

View Item View Item