HERRY, FEBRIYANTO (2016) HUBUNGAN ANTARA EFFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTEK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI SMK TAMAN SISWA KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Herry Febriyanto - 05504244039.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA EFFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTEK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI SMK TAMAN SISWA KOTA YOGYAKARTA Disusun Oleh: HERRY FEBRIYANTO 05504244039 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan effektivitas pembelajaran praktek yang berlangsung di bengkel praktek SMK Tamansiswa Yogyakarta dan motivasi belajar siswa Program Studi Teknik Kendaraan Ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post-facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI Program Studi teknik kendaraan ringan SMK Tamansiswa Yogyakarta yang berjumlah 78 siswa. Metode pengambilan data menggunkkan angket dengan skala likert. Validasi instrumen penelitian dihitung menggunakan korelasi product moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,473 berupa nilai positif, r2 sebesar 0,223 dan p-value sebesar 0,000 serta thitung sebesar 4,674 lebih besar dari ttabel sebesar 1,992 ( pada taraf signifikansi 5% ). Besarnya thitung >ttabel ( 4,674>1,992) menandakan bahwa hubungan signifikan. Besarnya nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,223, berarti bahwa dalam hal ini effektivitas pembelajaran praktek memberikan kontribusi sebesar 22,3% sedangkan sisanya 77,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 18:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29463 |
Actions (login required)
View Item |