ANALISIS KETERSEDIAAN BAHAN PUSTAKA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE

Eka Adni, Rahayu (2016) ANALISIS KETERSEDIAAN BAHAN PUSTAKA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eka Adni Rahayu_11101241049.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan bahan pustaka berdasarkan jumlah dan jenisnya di MTs dan MA Nurul Ummah Kotagede, perencanaan yang dilakukan dalam pengadaan buku, serta megenai faktor penghambat dan pendukung dalam pengadaan buku dan pengelolaan buku. Subjek penelitian ini adalah pustakawan dan guru di MTs dan MA Nurul Ummah. Tempat penelitian di perpustakaan MTs dan MA Nurul Ummah beralamatkan di Jl. Raden Ronggo KGII/982 Prenggan Kotagede Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa bahan pustaka yang tersedia di MTs Nurul Ummah terdiri dari dua jenis. Pertama bahan pustaka berbentuk buku terdiri atas referensi, Fiksi, dan Non fiksi. Kedua bahan pustaka yang non buku terdiri atas kartografi, Rekaman video, Visual, Terbitan harian. Ketersediaan bahan pustaka di MA Nurul Ummah juga terdiri atas 2 jenis. Pertama bahan pustaka berbentuk buku yaitu referensi, fiksi, non fiksi, hasil penelitian. Kedua bahan pustaka jenis non buku antara lain kartografi ,visual. terbitan harian, terbitan berkala. Adapun perencanaan yang dilakukan di kedua sekolah tersebut yakni melalui rapat perencanaan program kerja menjelang tahun ajaran baru, yang didalamnya juga membahas mengenai anggaran dan pengadaan buku yang dibutuhkan. Pengadaan dilakukan dengan skala prioritas dan menyesuaikan anggaran yang ada. Faktor penghambat dalam pengadaan di kedua sekolah tersebut yakni; 1) dana yang minim sehingga pembelian terbatas pada buku yang mendesak, 2) buku sering terlambat datang. Faktor pendukung pengadaan buku di kedua sekolah tersebut 1) adanya anggaran untuk pembelian buku yang mendukung keberlangsungan pengadaan buku. faktor pendukung dalam pengelolaan buku di kedua sekolah tersebut 1) adanya tenaga yang melakukan pengelolaan buku, 2) buku yang tersedia belum terlalu banyak. Faktor penghambatnya yakni; 1) masih ada siswa yang kurang bertanggungjawab dalam menggunakan buku yang menyebabkan buku rusak dan hilang, 2) di MA Nurul Ummah tenaga pustakawan bukan berasal dari lulusan Ilmu Perpustakaan, 3) sistem pengelolaan awal yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Strategi dalam pengadaan dilakukan dengan pembelian menggunakan dana anggaran, bantuan dari Kemenag, pemberian dari instansi maupun perorangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Feb 2016 18:31
Last Modified: 30 Jan 2019 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29457

Actions (login required)

View Item View Item