ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI KARANGNONGKO KLATEN

Hendri, Setiawan (2016) ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI KARANGNONGKO KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hendri Setiawan 07520244068.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI KARANGNONGKO KLATEN Oleh: 07520244068 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan mengetahui tanggapan siswa kelas XI IPA SMA Negeri Karangnongko pada mata pelajaran biologi menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan design “pre-test-pos-test control group design”. Sasaran penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar siswa yang berjumlah 30 siswa, pada mata pelajaran biologi setelah diberikan perlakuan. Aspek yang diteliti meliputi hasil belajar siswa berupa evaluasi sebagai indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes pada kelas kontrol untuk mengetahui prestasi siswa sebelum diberikan perlakuan, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan menggunakan media interakrif dan powerpoint, selanjutnya dilakukan post-test pada akhir pembelajaran. Peningkatan hasil belajar diukur dari pencapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar mata pelajaran biologi menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan power point. Hal ini bisa dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan ketuntasan pada materi pernafasan sebesar 14% (powerpoint) dan 47,6% (multimedia interaktif); pada materi ekskresi sebesar 28,6% (power point) dan 47,6% (multimedia ineteraktif); dan pada materi koordinasi sebesar 28,6% (powerpoint) dan 38,1% (multimedia interaktif). Dengan demikian penerapan pembelajaran menggunakan media interaktif (kelas eksperimen) termasuk dalam kategori yang tinggi jika dibandingkan dengan peningkatan ketuntasan pada kelompok pembelajaran menggunakan power point (kelas kontrol). Kata kunci: hasil belajar, multimedia, pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Jan 2016 18:52
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item View Item