MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH STATISTIKA LANJUT MELALUI PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING

Ali, Muhson and Mustofa (2011) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH STATISTIKA LANJUT MELALUI PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING. [Experiment/Research] (Unpublished)

[img] Text
111.doc

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh me¬tode pembelajaran Problem-Based Learning dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY terhadap mata kuliah Statistika Lanjut, dan (2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem-Based Learning dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY terhadap mata kuliah Statistika Lanjut. Penelitian ini dilaksanakan Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY, dengan mengambil subjek penelitian dua orang dosen dan mahasiswa angkatan 2007 yang mengambil mata kuliah Statistika Lanjut pada semester Gasal 2008/2009 yakni sebanyak 49 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian tindakan kelas (Classsroom Action Research) yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, implementasi tindakan, pemantauan, serta evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa (1) penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa baik minat belajar di dalam maupun di luar kelas hal ini terjadi karena proses pem¬belajar¬an lebih banyak diberikan penugasan analisis kasus baik secara individual maupun kelompok sehingga menuntut partisipasi semua mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan (2) penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa karena proses pembelajaran lebih ditekankan pada penerapan teknik dan prosedur statistika sehingga memudahkan mahasiswa untuk memahami kon¬sep dan penerapannya. Kata kunci: Problem Based Learning FISE, 2008

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 06:19
Last Modified: 02 Dec 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item