PENGEMBANGAN MODEL RANGKA MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD BAKULAN

Pawestri, Lia (2016) PENGEMBANGAN MODEL RANGKA MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD BAKULAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lia Pawestri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model rangka manusia yang layak digunanakan dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Bakulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dilakukan di SD Bakulan, Bakulan, Patalan, Jetis, Bantul pada bulan November 2015. Penelitian dilakukan berdasarkan sepuluh langkah Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi sembilan langkah. Langkah-langkah tersebut adalah: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) revisi produk akhir. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan juga mendapat penilaian dari guru kelas. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa saat uji coba lapangan awal, 9 siswa saat uji coba lapangan utama, dan 22 siswa saat uji coba lapangan operasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Setelah melalui sembilan langkah sistematis pengembangan Borg dan Gall, model rangka manusia kelas IV SD Bakulan layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi rangka manusia berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk. Hasil ini tampak dari perolehan skor akhir validasi ahli materi 3,57 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan perolehan skor akhir validasi ahli media 3,53 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian oleh guru memperoleh skor 3,54 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 3,60 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 3,48 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 3,52 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan, Model Rangka Manusia, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Jan 2016 17:09
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29399

Actions (login required)

View Item View Item