UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA KELAS X PAKET KEAHLIAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Novita, Dyah Puspitaningtyas (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA KELAS X PAKET KEAHLIAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Novita Dyah Puspitaningtyas.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA KELAS X PAKET KEAHLIAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO Oleh : Novita Dyah Puspitaningtyas NIM 11520241061 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar mata pelajaran KKPI dengan model pembelajaran jigsaw pada kelas X paket keahlian busana butik di SMK Negeri 6 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini ialah kelas X paket keahlian busana butik yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada akhir setiap siklus dilaksanakan evaluasi hasi belajar dan pengisian angket motivasi belajar. Instrumen yang digunakan ialah angket tertutup, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar mata pelajaran KKPI kelas X paket keahlian Busana Butik di SMK Negeri 6 Purworejo dengan model pembelajaran jigsaw. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal sebesar 46,88% dari pra siklus sebesar 47% menjadi 90,63% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,37% menjadi 100%. Sedangkan untuk motivasi belajar berdasarkan observasi mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 40,53% dari pra siklus sebesar 31,25% menjadi 71,78%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,92% menjadi 87,7%. Sedangkan berdasarkan angket yang diisi oleh siswa,motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 40,01% pada siklus I dari 31,25% menjadi 71,26%. Dan pada siklus II menjadi 87,35% meningkat 16,09%. Kata kunci : Jigsaw, hasil belajar, motivasi belajar, KKPI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29329

Actions (login required)

View Item View Item