EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO COMPACT DISC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMP N 1 KARTASURA

Hafid, Arrofiqi (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO COMPACT DISC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMP N 1 KARTASURA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
HAFID ARROFIQI 09520244079.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO COMPACT DISC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER DI SMP N 1 KARTASURA Oleh Hafid Arrofiqi NIM. 09520244079 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) materi Perangkat Keras Komputer pada yang pembelajarannya menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis Video Compact Disc (VCD) dengan siswa yang pembelajarannya tidak menguunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD; (2) mengetahui efektivitas penggunaan visualisasi pembelajaran berbasis VCD. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-komparatif yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi digunakan test. Soal test tersebut sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilias. Untuk mencari perbedaan hasil belajar yang digunakan adalah uji-t. Sedangkan untuk mencari efektivitas penggunaan visualisasi pembelajaran yang digunakan adalah uji gain score. Setelah dilakukan analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD pada Mata Pelajaran TIK kelas VII di SMP N 1 Kartasura. Sebelum menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD, rata-rata hasil belajar adalah 65,56 dan setelah menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD meningkat menjadi 86,67. (2) Hasil dari perhitungan uji gain score menunjukan hasil sebesar 0,613. Dari hasil perhitungan uji gain score tersebut maka penggunaan visualisasi pembelajaran berbasis VCD termasuk efektif dengan kategori sedang. Kata Kunci : perbedaan, efektivitas, visualisasi pembelajaran berbasis VCD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29308

Actions (login required)

View Item View Item