UPAYA MENUMBUHKAN AKTIVITAS DAN KEMUDAHAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS VII B SMPN 2 TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

Hermawan, Judartono (2016) UPAYA MENUMBUHKAN AKTIVITAS DAN KEMUDAHAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS VII B SMPN 2 TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Hermawan J 10501247015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENUMBUHKAN AKTIVITAS DAN KEMUDAHAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS VII B SMPN 2 TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG Oleh: Hermawan Judartono NIM: 10501247015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Ativitas, kemudahan pemahaman diri, dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Tegalrejo Magelang dalam pembelajaran materi pembuatan sumber daya adaptor. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Tegalrejo Kabupaten Magelang . Jenis data yang diambil adalah data kuantitatif dan kualitatif yaitu: observasi, angket, dan tes dengan analisis data pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket Ativitas siswa, angket kemudahan pemahaman diri siswa, dan ketuntasan nilai hasil belajar. Hasil analisis data pengamatan pengelolaan pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai 75,25 siklus II 81, 64 artinya pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik, dan terjadi peningkatan. Hasil analisis penilaian angket siswa dari 10 indikator diperoleh rata-rata 70,50% pada siklus I, dan 80,50% pada siklus II siswa Aktif. Hal ini menunjukkan bahwa ativitas siswa termasuk dalam kriteria baik. Hasil analisis penilaian angket kemudahan pemahaman diri siswa pada siklus I 85%, siklus II 87% menunjukkan bahwa kemudahan pemahaman diri siswa termasuk dalam kriteria amat baik. Hasil uji ketuntasan belajar, secara klasikal yaitu 75% pada siklus I, dan 81% pada siklus II, artinya tuntas secara klasikal. Sedangkan secara individual yang mendapatkan nilai mencapai atau melampaui KKM (75) ada 75% siswa pada siklus I dan 81% pada siklus II. Kedua hal tersebut menujukkan keberhasilan proses pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Kata kunci: metode mind mapping, ativitas dan kemudahan pemahaman diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item